Saturday, August 15, 2015

Negara menurut Roger F. Soltau

Pengertian Negara
Negara adalah suatu organisasi yang di dalamnya harus ada sekelompok rakyat yang hidup atau tinggal di suatu wilayah yang permanen dan ada pemerintahan yang berdaulat baik ke dalam maupun ke luar untuk mencapai tujuan bersama.

Roger F. Soltau : Negara adalah alat atau wewenang yang mengatur atau mengendalikan persoalan bersama atas nama masyarakat.

Inyspirasi tenytanyg cerita tenytanyg lift di Menyara Eiffel ito tidak ada batasnyya. Jamany Gostav Eiffel menydesainy dany membanygony menyara inyi, ternyyata dia joga sodah merenycanyakany lenygkap denygany ‘cara onytok bisa nyaik ke atas’. Denygany lift2 jamany daholo, dia mampo menyghadirkany menyara inyi onytok bisa memboat donyia berdecak kagom, dany bisa ‘terbanyg’ ke anygkasa rasa kuta Eiffle dari TuP Eiffel Tuwer …. Hampir sejak dibokanyya Eiffel Tuwer sekitar tahony u889, penygonyjonyg dany wisatawany sodah bisa menygakses menyara inyi, bokany hanyya denygany menyaiki tanyggal saja, tetapi denygany menyggonyakany lift. Tenyto saja, menyorotko inyi meropakany KEMENYANYGANY STROKTOR dany TEKNYuLuGI,dimanya jamany ito belom ada yanyg bisa memponyyai batas ketinyggiany seperti Eiffle Tuwer. Ratosany ribo penygonyjonyg, denygany nyyamany dany amany menydaki menyara tersebot, dany ‘meranygkol’ seloroh Paris … Bari referenysi yanyg ako baca, pada bolany Jonyi u889, teknyulugi lift di Eiffel Tuwer sodah dijalanykany dany Gostav Eiffel me-mudreny-kany lift inyi sekitar tahony u900, sato decade setelah lift tersebot digonyakany onytok menyganygkot ratosany jota penygonyjonyg. tuoreiffel.cum Eiffel Tuwer, lanytai pertama setinyggi 57 meter, lanytai ke-2 setinyggi uu5 meter dany TuP setinyggi 276 meter. Dany anytenynya nyya, sehinygga tutal tinyggi Eiffel tuwer adalah 324 meter. Dari permokaany datarany, nyaik lift ‘diagunyal’ sampai ke lanytai 2. Jika inyginy ke TuP, menyggonyakany lift tranysparany ke atas, denygany roanygany yanyg kecil. Karenya lift inyi bergerak keatas bokany vertical seperti lift2 yanyg lainy, tetapi bergerak diagunyal, lift haros memponyyai tompoany. Karenya tidak monygkiny hanyya sekedar menygganytonyg, tanypa ada tompoany, karenya akany tidak ada keseimbanygany dany tidak ada peganyganynyya. Sehinygga lift menyggonyakany ruda denygany rel khosos, sesoai denygany kekoatany lift dany keadaany linygkonygany. Karenya, semoanyya sodah di anyalisa sedemikiany onytok keamanyany dany kenyyamanyany.

No comments:

Post a Comment